General

Virus Corona Mencekam Dunia: Apa Penyebabnya?

         

Virus Corona saat ini menjadi trending pembicaraan di seluruh dunia. Di awal tahun 2020 ini, Dunia digemparkan dengan menyebarnya virus baru yaitu coronavirus atau virus corona yang mematikan. Diketahui, asal mula virus ini berasal dari Wuhan, Cina. Ditemukan pada akhir Desember tahun 2019. Wabah virus corona terus meluas. Hingga Rabu (05/02/2020) pukul 12.00 WIB tercatat 493 orang meninggal dunia akibat virus yang bermula di Wuhan, China tersebut. Sejauh ini, penyebaran virus corona mencapai 24.500 kasus di 28 negara. China sebagai tempat bermulanya virus, mengantongi angka paling banyak dari kejadian kematian maupun kasus. Ada 3 kota di China yang angkanya paling banyak, yakni lebih dari 1.000 kasus positif virus corona. Dikutip CNN (05/02/2020), ketiga kota tersebut adalah: 1) Wuhan: 8.351 kasus, termasuk 362 kematian, 2) Huanggang: 1.645 kasus, termasuk 25 kematian, 3) Xiaogan: 1.462 kasus, termasuk 18 kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yaitu kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Gejala-gejala yang muncul meliputi pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, merasa lelah , sesak napas, dan demam. Untuk demam, yang membedakannya dengan gejala penyakit lainnya adalah waktu serangan atau inkubasinya yang lebih lama, yaitu mencapai 14 hari. Tidak adanya perbedaan gejala antara infeksi Coronavirus dengan infeksi virus flu biasa (Rhinovirus) ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala-gejala tersebut, terutama jika gejala sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tak kunjung sembuh setelah diberikan obat-obatan. Infeksi coronavirus disebabkan oleh virus corona itu sendiri. Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus lain pada umumnya, seperti: Percikan air liur pengidap (batuk dan bersin), Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi, Menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona. 

WHO atau organisasi kesehatan dunia menyatakan virus dapat menyebar dari kontak manusia dengan hewan dan manusia dengan manusia. Hingga saat ini belum diketahui hewan apa yang menyebarkan virus tersebut. Dugaan sementara mengarah pada ular dan kelelawar. Khusus kelelawar, kebiasaan orang China untuk mengonsumsi sup kelelawar dituding menjadi penyebaran virus corona ini.

Dalam hal ini beberapa cara untuk mencegah virus corona yaitu: Menggunakan masker saat beraktivitas, sering mencuci tangan dengan air mengalir, tutup hidup dengan tisu ketika bersin atau batuk, Hindari kontak langsung dengan hewan, Hindari mengkonsumsi produk hewani mentah, Hindari memakai barang bersama, Menjaga daya tahan tubuh, hidup sehat seperti makan buah, dan sayur-sayuran, olahraga, dan istirahat yang cukup. Diharapkan dengan cara ini kita dapat terhindar dari virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *