• Panah Kirana

DEMO SEBAGAI ALAT ASPIRASI

Demokrasi, merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi didengar di telinga masyarakat Indonesia. Terdiri atas berbagai budaya, agama dan ras. Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keberagaman. Negara yang menganut asas demokrasi ini, seringkali mengangkat topik mengenai kebebasan dalam bersuara. Hal-hal yang tersorot belakangan ini merupakan gerakan mahasiswa ataupun demo besar-besaran yang terjadi di Jakarta.

Demo berasal dari kata demonstrasi yang memiliki sebuah pemahaman sebagai sebuah protes kepada pemerintah atau pemimpin dalam wujud tulisan, suara, dan masih banyak lainnya.

Demonstrasi merupakan sebuah metode yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyampaikan aspirasi mereka. Kegiatan ini diakui sebagai hak setiap warga negara Indonesia. Namun, harus diingat demo merupakan ajang pengumpulan sekelompok orang yang memiliki tujuan dan visi yang sama dalam hal positif bagi negara maupun rakyat Indonesia. Diadakan karena beberapa faktor yang terjadi dalam pemerintahan serta ketetapan yang ditetapkan oleh para pemimpin. Hal tersebut terjadi karena kerap kali ketentuan yang ada memberatkan masyarakat Indonesia dan dapat berdampak buruk kedepannya bagi warga negara Indonesia. Salah satu contoh aspirasi suara terkini merupakan tentang undang-undang yang akan ditetapkan sebagai dasar hukum yang akan ada.

Harus diingat, Indonesia kerap kali mendapatkan sorotan karena demo yang berlangsung berakhir dengan anarkis dan tidak baik. Kericuhan tersebut mengakibatkan dampak yang cukup buruk bagi beberapa bidang umum di Indonesia, seperti contoh di dalam bidang lalu lintas, ekonomi dan beberapa bidang lainnya. Kericuhan tersebut tidak hanya mempengaruhi bidang formal namun ketenteraman dan kesatuan Indonesia dapat terpecah-pecah karena adanya hal tersebut. Demo yang berakhir dengan anarkis serta meninggalkan korban jiwa bukanlah suatu gerakkan aspirasi yang baik dan benar melainkan dapat berakhir sebagai tindak kriminalitas.

Maka dari itu, sebagai negara demokrasi dan memiliki kesempatan untuk menyalurkan aspirasi melalui kegiatan demo. Mari kita memanfaatkannya sebaik mungkin dan harus diingat bahwa Indonesia satu dan jangan biarkan bangsa sendiri memecahkan kesatuan tersebut.

0 views
 

©2020 by Panah Kirana. Proudly created with Wix.com