• Erica Felicity & Jesslyn Gouwandi

Inaugurasi Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum UPH 2019/2020

Updated: Sep 25

Pada tanggal 2 September 2019, diadakan Inaugurasi Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (HMFH) untuk periode 2019/2020. Inaugurasi tersebut bukan hanya melantik anggota Kabinet baru, namun juga untuk pelepasan Kabinet 2018/2019. Acara tersebut dihadiri oleh anggota HMFH periode 2018/2019 dan 2019/2020, Velliana Tanaya selaku perwakilan FH UPH, perwakilan BEM, MPM, HMJ, dan Panah Kirana.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Velliana Tanaya, yang kerap dipanggil Bu Veve. Beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada Jovin Kurniawan, selaku ketua HMFH periode 2018/2019, dan Kabinetnya atas semua kerja keras dan program kerja yang mereka adakan selama periode pengabdian.


Kabinet baru perlu memprioritaskan regenerasi untuk “melahirkan pemimpin baru”, bukan hanya fokus kepada program kerja yang telah direncanakan. “Himpunan adalah role model,” ujarnya. Oleh sebab itu, para anggota kabinet perlu menggunakan waktu jabatan ini harus dimanfaatkan demi fakultas, serta UPH.

Kata sambutan dilanjutkan oleh Jovin Kurniawan, yang dimulai dengan mengucapkan rasa terima kasih kepada Kabinetnya yang telah bekerja keras selama satu tahun. Jovin menyuarakan harapannya untuk Samuel Silo, selaku ketua HMFH selanjutnya, dan Kabinet Sinergis.


Ia berharap Kabinet berikutnya dapat menetapkan standar yang lebih tinggi agar HMFH dapat tetap berkembang, sebab pemimpin yang sukses dapat melahirkan pemimpin baru. Jovin kembali menegaskan apa yang dikatakan oleh Bu Veve bahwa Kabinet Sinergis harus menjaga nama baik UPH dan Fakultas Hukum. Segala sesuatu yang dilakukan harus memiliki visi dan misi yang dapat menciptakan dampak pada orang-orang sekitar.

Federico Tan, selaku Ketua Departemen Hubungan Masyarakat, menjelaskan beberapa program kerja saat kepemimpinan Jovin. Terdapat banyak upaya yang dilakukan untuk kesejahteraan sosial, seperti donasi-donasi yang diberikan kepada korban tsunami dan gempa, sosialisasi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), live-in, dan lain-lain.


Selain itu, Jovin juga fokus dalam bidang akademis dengan mengadakan acara seperti academic showcase, BLC (Business Law Competition), seminar, dan lain-lain.

Setelah rangkaian formalitas kata sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada Ketua dan Kabinet HMFH 2018/2019, dilanjutkan dengan proses pelantikan Badan Pengurus Harian beserta Ketua Departemen Kabinet 2019/2020. Akhirnya, acara diakhiri dengan kata sambutan dan pengenalan kabinet baru oleh Samuel Silo.

Ketika diwawancarai oleh tim Panah Kirana, Samuel Silo menyatakan rencananya untuk melakukan perombakkan pada AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga), dan menyelesaikan program kerja yang sekiranya sudah diatur jadwal dan pelaksanaannya pada semester ini. Dengan demikian, Kabinet Sinergis 2019/2020 diharapkan dapat menjunjung tinggi nama UPH dan fakultas hukum. Pro Justitia! (EF & JG)

0 views

Recent Posts

See All
 

©2020 by Panah Kirana. Proudly created with Wix.com