• Panah Kirana

Melalui Seminar, HMFH Berikan Tips & Trik Life After School


Elmar Lubis membawakan sesi pertama sebagai seorang diplomat yang bekerja di bawah Kementerian Luar Negeri. Elmar menjelaskan bahwa seorang diplomat merupakan orang yang mewakili negara dalam sebuah kepentingan nasional untuk menegosiasikan pertimbangan dalam sebuah bidang yang mengikat hubungan politik dan hukum. Menurut Elmar Lubis,  seorang diplomat harus memiliki wawasan yang luas melalui membaca. Hal tersebut dapat membantu seorang diplomat untuk mengetahui banyak mengenai sejarah, politik, ekonomi, dan hukum. Wawasan tersebut dapat membantu mengenal struktur politik dan budaya di beberapa negara tertentu.

Dalam mengenal perbedaan, seorang diplomat mampu berinteraksi dengan masyarakat yang berbeda dan mampu beradaptasi untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Elmar Lubis, menyampaikan beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang diplomat, pertama, mampu berinteraksi dengan masalah yang masih memiliki unsur politiknya. Diikuti dengan mengenal beberapa bahasa dan mempelajari bahasa tersebut dengan tepat dan lugas dan terakhir yang harus dimiliki adalah kemampuan penulisan yang detail. Menjadi seorang diplomat, merupakan sebuah profesi yang menantang dan menuntut untuk siap menghadapi apapun karena setiap hari akan ada sebuah permasalahan yang baru karena hal tersebut akan terus berubah dan berkembang. Namun, menurutnya dengan menjadi seorang diplomat, seorang mampu mengenal, membangun dan membantu negara menjadi sebuah negara yang lebih baik lagi.


Stefanie Hartanto, menjelaskan untuk menjadi seorang notaris yang baik, harus memiliki integritas, dan komitmen yang kuat. Seorang notaris harus tunduk pada kode etik jabatan dan patuh pada kode etik tersebut. Tentu saja hal ini diikuti dengan pemahaman hukum yang kuat, serta harus memiliki sikap profesional dalam bertutur kata dan sikap.


Seorang pengacara, bukanlah seseorang yang hanya diam membela sebuah pihak. Namun harus menjadi seseorang yang lebih fleksibel dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya untuk mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, untuk menjadi seorang pengacara yang baik harus mendorong diri dan lebih responsif menanggapi perubahan yang ada, tutupnya.

#kuliah #seminar

0 views
 

©2020 by Panah Kirana. Proudly created with Wix.com