• Rafaella Winarta

Menyambut Kabinet Reformis: Inaugurasi HMFH 2020/2021



Tahun ajaran baru, awal baru bagi Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum UPH. Pada hari Kamis, 3 September 2020, Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (HMFH) UPH menyelenggarakan inaugurasi kabinet periode 2020-2021 yang biasa dikenal sebagai Kabinet Reformis. Inaugurasi yang juga merupakan pelantikan ketua HMFH 2020/2021, Vanesia Ciayadi, diselenggarakan secara daring karena masa pandemik COVID-19 yang belum berakhir. Saat diwawancarai oleh Tim Panah Kirana, Vanesia Ciayadi selaku ketua HMFH 2020/2021, mengaku bahwa tantangan utama yang harus ditangani oleh panitia adalah perubahan mekanisme acara dimana prosesi penyerahan sertifikat untuk kabinet sebelumnya juga sumpah ketua harus dilakukan secara daring. “Mengenai hal yang sudah tidak jarang terjadi selama online ini, yaitu kendala koneksi yang sempat terjadi. Namun, kita telah meminimalisir dengan penggunaan jaringan dari kuota apabila sebelum acara terjadi gangguan koneksi dengan wifi di rumah masing-masing,” jawab Vanesia. Acara inaugurasi ini, selain dihadiri oleh HMFH 2019/2020 dan perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FH UPH, juga dihadiri oleh perwakilan dari himpunan mahasiswa UPH lainnya seperti Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen, HMPS Sistem Informasi, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika.


Direktur FH UPH, Velliana Tanaya, membuka acara dengan kata sambutan dan apresiasi untuk kabinet 2019/2020 karena telah menjadi mentor yang baik dan berhasil melahirkan kabinet yang baru. Beliau juga menaruh harapan kepada kabinet yang baru untuk selalu berpegang kepada visi misi UPH agar semua kegiatan yang dilaksanakan membawa dampak positif. “Being a good leader adalah ketika bisa mempersiapkan anggota baru menjadi ketua berikutnya,” tambahnya. Ketua HMFH 2019/2020, Samuel Silo, turut memberikan sepatah dua patah kata kepada kabinet yang baru. Ia berpesan agar kabinet Reformis dapat terus menjaga kebersaman, fokus, dan visi untuk mencapai tujuan bersama. Ia melanjutkan dengan presentasi Laporan Pertanggung Jawaban 2019/2020, di mana dibawah kepemimpinannya, Kabinet Sinergis HMFH UPH 2019/2020 telah sukses menyelenggarakan beberapa acara dan program kerja, seperti kunjungan ke MPR/DPR dan Narasi TV, WASUKI (Warung Sumber Keadilan), Veteran’s Gathering, Podcast ‘Di Luar Ruang Sidang’, dan masih banyak lagi. Terkait dengan beberapa program kerja yang batal terlaksana akibat pandemi COVID-19, Silo berharap nantinya kabinet 2020/2021 dapat merealisasikan rencana tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan pehargaan kepada kabinet HMFH 2019/2020 dan pembacaan sumpah ketua oleh Vanesia Ciayadi yang dipimpin oleh Velliana Tanaya. Untuk menutup acara, Vanesia Ciayadi memberikan apresiasinya kepada anggotanya yang telah dengan sukses menyelenggarakan inaugurasi ini dengan lancar. “Esensi terpenting dari kepemimpinan adalah pengaruh”, ujar Vanesia mengutip John C. Maxwell sebagai penutup pidato singkatnya. Saat diwawancarai, Vanesia mengatakan bahwa Kabinet Reformis akan mengembangkan kepekaan mahasiswa/i FH UPH dalam bidang akademik, lingkungan, dan sosial sehingga dapat mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Untuk para anggota, walaupun sekarang ini kita dalam masa yang penuh tantangan, namun kita pasti bisa untuk melewatinya dan mewujudkan visi kita bersama. Saya berharap juga agar para anggota dapat terus semangat melayani di HMFH dengan penuh tanggung jawab dan di samping melayani, juga mendapatkan pelajaran serta nilai-nilai positif untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Singkat kata harapan saya agar para anggota bisa mengembangkan mahasiswa FH UPH, dan juga dalam proses mengembangkan orang lain, juga dapat berkembang,” tutup Vanesia dalam wawancaranya dengan tim Panah Kirana.

Ada pula jajaran kabinet HMFH 2020/2021 sebagai berikut.

Badan Pengurus Harian

Ketua : Vanesia Ciayadi

Wakil Ketua : Endi Djojo

Sekretaris : Vanessa Kaliey

Bendahara : Farenia Bilois dan Tasya Mahira

Departemen Akademik

Ketua : Cynthia Prastika

Anggota : Graceyana J, Irgo Senjaya, Samuel Holil

Departemen Medkominfo

Ketua : Natania Hosea

Wakil Ketua : Yesaya Saudale

Anggota : Angelia Wijaya, Felicia Kusnadi, Natasha C, Putu Ayu T, Vera Valentina

Departemen Pengabdian Masyrakat

Ketua : Firda Riwu Kore

Anggota : Anggita Putri, Anastasya N, Kevin, Ryan Giovanni

Departemen Aksi Strategis

Ketua : Abraham Ethan

Anggota : Brandon Hartanto, Charren Hendrik, M Dhaffa Achsanul, William C

Departemen Minat Bakat

Ketua : Fabian Jonathan

Anggota : Eric Suma W, Morgan Bustam, Thalya Syafa

Departemen Wirausaha

Ketua : Gabriel Amagadela

Anggota : Alfinno,Graciella Melinda, Michael Sukma


Selamat kepada Kabinet Reformis HMFH UPH 2020/2021, semoga Kabinet ini dapat melanjutkan warisan dari kabinet sebelumnya dan tetap menjadi aspirasi bagi mahasiswa/i FH UPH. Pro Justitia!

24 views
 

©2020 by Panah Kirana. Proudly created with Wix.com