• Panah Kirana

Milenial dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi


sumber gambar: google.com

PANAH KIRANA – Pasti sudah tidak asing lagi bahwa anak zaman sekarang sering dibanding-bandingkan dengan anak zaman dulu, yang katanya anak zaman sekarang atau milenial justru lebih buruk dari generasi yang lebih tua. Hal itu sering dihubungkan dengan teknologi yang ada pada saat ini yang mempengaruhi cara berpikir serta berperilaku manusia, terkhusus generasinya. Lalu, bagaimanakah seharusnya anak milenial menyikapi perkembangan teknologi ini?

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam lingkungan masyarakat memberikan akses dan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber, seperti internet. Anak-anak milenial tentunya sangat mengenal teknologi yang satu ini—bahkan kebanyakan dari mereka lebih mengetahuinya dibandingkan orang tuanya, sehingga timbul suatu permasalahan baru, dimana kebanyakan orang tua sulit untuk mengatur dan mengawasi apa saja yang boleh diakses untuk anak mereka.

Dari suatu teknologi yang baik justru dapat dijadikan sebagai hal yang buruk pula, itulah teknologi, sehingga diperlukannya sikap dari para milenial untuk menyaring apa yang penting bagi mereka dan apa yang buruk bagi masa depan mereka. Milenial dituntut untuk dapat menguasai dan mempergunakan internet di zaman ini, namun tentunya harus bijak dalam menggunakannya.

Jika dibandingkan dengan generasi yang lebih tua, anak milenial memiliki banyak sekali kemudahan dalam kehidupan mereka—hal ini seharusnya dapat dijadikan penyemangat dan pendorong untuk berpikir lebih baik. Milenial memiliki tanggung jawab dalam haknya untuk mengonsumsi teknologi ini, yang tentunya menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya; jangan justru kalah dengan generasi zaman dulu.

Bagaimanapun teknologi memiliki banyak sekali manfaat bagi berkembangnya pola pikir serta perilaku milenial ini, namun teknologi ini juga dapat melakukan hal sebaliknya, yaitu merusak moral generasi milenial. Teknologi bukan berarti buruk, namun cara penggunaannya haruslah lebih diperhatikan, milenial yang baik akan mampu membedakan apa yang sebaiknya dilakukan dengan teknologi ini. Hal yang perlu diingat bahwa banyaknya hal negatif yang terselip dibalik perkembangan teknologi yang begitu pesat ini, milenial justru tidak boleh buta akan teknologi; milenial justru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang teknologi ini.

0 views
 

©2020 by Panah Kirana. Proudly created with Wix.com