• Panah Kirana

Musik: Sang Media yang Berpengaruh Dalam Kehidupan


sumber gambar: google.com

PANAH KIRANA – “Lagunya sedih, kok bikin hati terasa sedih?”, “berasa di dalam dunia drama deh kalau dengerin lagu Korea ini” banyak sekali orang mengekspresikan dirinya ketika mereka sedang mendengarkan musik.

Musik merupakan sebuah media hiburan yang sangat terikat dengan kehidupan seluruh individu di dunia. Mendengarkan musik dapat membantu untuk menenangkan jiwa dan membantu untuk menyemangati tubuh yang terasa lelah. Banyak orang bertanya mengapa musik seringkali mempengaruhi emosi seseorang, apakah benar musik berkaitan erat dengan relasi psikologi seorang individu? Jawabannya adalah ya, musik memiliki kaitan dengan bidang psikologi.

Musik sendiri dapat diciptakan oleh seseorang yang memiliki bakat tersendiri di dalam bidang tersebut. Tercipta melalui sebuah inspirasi gambaran perasaan hati dan juga pemikiran mendalam. Inspirasi tersebut mencerminkan banyak perasaan yang nantinya akan dituangkan melalui penulisan lirik, maupun melalui seni melodi yang diciptakan melalui alat musik secara tradisional maupun modern. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi sebuah relasi yang dapat dikaitkan dengan perasaan seseorang di dalam suasana hati yang mereka sedang alami. Perasaan ataupun kondisi yang dapat berkaitan dengan musik yang kita dengar mempengaruhi segala emosi yang sedang kita miliki pada saat itu.

Lembaga Aplikasi Musik di Iran telah melakukan beberapa penelitian untuk membuktikan pengaruh musik terhadap emosi manusia. Melalui penelitian tersebut, para peneliti menemukan banyak kegunaan dari musik itu sendiri. Musik tidak hanya memiliki kegunaan sebagai media hiburan, tetapi musik dapat digunakan sebagai sebuah sarana terapi terhadap kesehatan fisik dan mental manusia. Hal tersebut, dapat meningkatkan rasa percaya diri, konsentrasi, meningkatkan daya kerja, relaksasi dan mengontrol kondisi emosi serta kesehatan mental yang dimiliki oleh seorang individu.

Melalui musik, banyak hal yang dapat dipengaruhi, dimulai dari keberagaman macam tipe musik yang memengaruhi suasana hati, sehingga kegunaannya berada di bidang kesehatan secara fisik maupun mental dalam kehidupan seseorang.

0 views
 

©2020 by Panah Kirana. Proudly created with Wix.com