• Panah Kirana

Tingkatkan Toleransi Mulai Hari Ini!


sumber gambar: google.com

PANAH KIRANA – Bertepatan pada hari ini, yaitu 16 November 2018, dijadikan sebagai Hari Toleransi Sedunia. Penetapan Hari Toleransi Sedunia ini di latar belakangi oleh inisiatif United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk menanggapi peningkatan tindakan intoleransi yang mengancam konsolidasi perdamaian dan demokrasi dalam skala nasional dan internasional. Inisiatif ini direalisasikan dalam konferensi umum ke-28 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dilaksanakan dari 25 Oktober sampai 16 November 1995. Konferensi ini pun berhasil membuahkan Deklarasi Prinsip-Prinsip Toleransi yang diumumkan dan ditandatangani oleh negara-negara anggota UNESCO.

Berdasarkan deklarasi tersebut, ‘toleransi’ didefinisikan sebagai “rasa hormat, penerimaan dan penghargaan atas keanekaragaman budaya dunia kita yang kaya. Toleransi adalah harmoni dalam perbedaan. Ini bukan hanya kewajiban moral, tetapi juga persyaratan politik dan hukum. Toleransi, kebajikan yang memungkinkan perdamaian, berkontribusi pada penggantian budaya perang oleh budaya perdamaian.”

Di Indonesia sendiri yang terdiri dari 17.504 pulau, 742 bahasa daerah, lebih dari 300 kelompok etnik, dan lima agama, toleransi merupakan sesuatu yang sangat penting dimiliki setiap individu untuk dapat saling menghormati dan menghargai sesama. Dengan dekatnya Pemilihan Umum Presiden berikutnya yang akan diadakan tahun depan, isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) khususnya pada agama sangat kental terjadi sekarang ini. Kita sepatutnya bisa saling menghormati agama satu dengan agama lain seperti yang sudah tercemin di sila ke-satu Pancasila yaitu “KeTuhanan Yang Maha Esa”. Sila pertama ini tidak mewajibkan hanya ada satu agama di Indonesia, tetapi sila ini memberikan orang kebebasan untuk percaya kepada Tuhan sesuai dengan kepercayaan yang diyakini oleh masing-masing individu. Toleransi ini pun harus berlaku terhadap perbedaan-perbedaan lainnya agar kita dapat saling menolong, bekerja sama, dan bukan saling menjatuhkan.

Dalam Hari Toleransi Sedunia ini, mari kita saling tingkatkan rasa toleransi kita terhadap sesama agar dapat tercipta masyarakat yang damai, rukun dan tidak lagi menggunakan isu SARA secara negatif. Selamat Hari Toleransi Sedunia!

0 views
 

©2020 by Panah Kirana. Proudly created with Wix.com